5 Bahan Alami Untuk Mengobati Luka Bakar

Kulit yang terbakar adalah jenis luka, dengan rusaknya jaringan atau kehilangan jaringan yang disebabkan oleh suatu sumber panas maupun suhu dingin yang sangat tinggi, sumber listrik, bahan kimia, cahaya, radiasi serta friksi. Luka bakar bisa mengakibatkan rusaknya jaringan otot, tulang, pembuluh darah serta jaringan epidermal yang menyebaban kerusakan yang ada pada tempat terdalam yang merupakan akhir dari sistem syaraf tubuh.

Luka bakar memiliki ciri-ciri gejala misalnya kulit memerah serta bengkak, rasa sakit yang sangat menyiksa, kulit yang nampak basah / licin serta lembab, melepuh bahkan pada beberapa kasus kulit dalam menjadi hitam atau hangus, dll.

Semua orang memiliki potensi untu terkena luka bakar terutama bagi mereka yang memang bekerja pada bidang yang membutuhkan api maupun zat zat yang gampang meledak. Jika anda mengalami luka bakar, maka harus segera diobati.

Berikut ini beberapa metode untuk menyembuhkan luka bakar sekaligus menghilangkan bekasnya menggunakan bahan alami.

1. Susu atau yoghurt

Susu mempunyai manfaat yang bisa meredakan kulit, tetapi apabila annda memakai bahan ini sebagai obat luka bakar, lebih baik memakai susu skim / susu tanpa lemak. Cara memakainya cukup mudah yaitu dengan menuangkan susu dingin di luka secara langsung

2. Air dingin

Salah satu pertolongan pertama ketika terkena luka bakar yaitu dengan air, anda bisa membasuhkan air dingin ke kulit / wilayah yang terdapat luka bakar. Cara ini memiliki fungsi untuk meredakan nyeri serta luka pada kulit, selain itu, air juga bisa mencegah luka bakar semakin parah. Tetapi, lebih baik anda memakai air yang telah matang supaya terhindar dari bakteri, tetapi jika tak memungkinkan juga bisa memakai air kran biasa. Namun yang harus diingat yaitu jangan memakai es guna meredakan ruka sebab bisa mengakibatkan rusaknya nadi.

3. Kentang dan mentimun

Kedua sayuran ini bisa menyerap panas yang ada dikulit ada sekaligus menyembuhkan iritasi yang disebabkan oleh luka tersebut. Caraya yaitu dengan menghaluskan kentang serta mentimun yang telah dikupas serta dicuci sampai bersih. Anda bisa memakai blender. Kemudian oleskan pada wilayah yang terkena luka bakar dikulit, diaman sampai kering dikulit lalu bilas menggunakan air dingin. Anda juga bisa memakai salah satu bahan saja boleh kentang ataupun mentimun saja.

4.Lidah buaya

Tanaman ini memiliki manfaat untu meredam panas serta sakit pada luka bakar, caranya yaitu dengann mengambil daging lidah buaya lalu oleskan pada kulit yang terkena luka bakar. Selain cara diatas, anda bisa menghaluskan daging lidah buaya tadi untuk menjadi salep oles.

5. Madu murni

Madu murni juga dapat dijadikan salep luka bakar. Selain karena madu mempunyai umur simpan yang sangat lama, didalamnya juga mengandung anti mikroba serta anti bakteri, sehingga sangat cocok untuk dijadikan salep luka. Madu juga mempunyai sifat penyembuhan misal madu manuka yang dihasilkan dari semak manuka dari Selandia Baru (biasa disebut pohon teh) mempunyai tingkat konsentrasi paling tinggi sifat anti mikroba dan antibakteria. Amy Branum, Salah satu herbalis serta pendiri Boutique Botanika, pernah menyatakan bahwa cara memakai madu yaitu mengoleskannya ke seluruh luka setelah dibersihkan dan diperban. Kemudian diganti 2-3 kali Sehari. Namun untuk memperoleh hasil yang sesuai keinginan, pastikan anda hanya membeli di distributor madu hutan yang asli karena saat ini sudah banyak beredar madu palsu dengan janji surga namun dijual dengan harga rendah