E-Commerce: Revolusi Bisnis Abad-21 Yang Menjanjikan

Perdagangan elektronik atau dalam bahasa Inggris disebut e-commerce (electronic commerce, merupakan tren perdagangan di era sekarang. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1994 ketika banner elektronik dipakai untuk iklan di suatu website. Kemudian antara tahun 1998 dan 2000 protokol aman HTTPS memasuki tahap matang, sehingga banyak bisnis AS dan eropa mulai mengembangkan situs web untuk perdagangan.

Di Indonesia sendiri, e-commerce atau lebih akrab disebut dengan bisnis online, sangat digandrungi masyarakat terutama anak muda. Karena bisnis ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hanya bermodalkan hp atau laptop, sudah bisa melakukan transaksi jual beli dengan konsumen.

Kelebihan bisnis jaman milenial

Lalu apa saja perbedaan antara bisnis konvensional dengan bisnis online? Anda juga perlu mengetahui perihal ini. Agar anda bisa membandingkan antara bisnis yang akan anda jalankan. Entah bisnis online atau konvensional.

Bisnis konvensional:

  1. Pelanggan datang ke toko
  2. Anda memasang iklan di majalah atau Koran
  3. Semakin banyak orang datang ke toko, makan semakin banyak calon pembeli
  4. Membayar sewa tempat
  5. Tidak bisa dikerjakan dengan sedikit orang

Bisnis online:

  1. Pelanggan datang ke website
  2. Anda memasang iklan di internet
  3. Semakin banyak pengunjung website, makans emakin banyak pula calon pembeli
  4. Membayar hosting atau domain
  5. Bisa dikerjakan dnegan sedikit orang

Selain itu anda juga perlu mengetahui jenis atau mode bisnis yang dipasarkan di internet Entrepreneur Indonesia . Hal ini dapat membantu anda menentukan bisnis jenis apa yang akan anda jalankan. Jenisnya antara lain:

  1. Online shop

Di online shop anda bisa menjual produk fisik berupa barang. Selain itu, online shop merupakan gabungan antara jasa, digitpreneur, dan affiliate marketing.

  1. Jasa dan service

Bila anda memiliki keahlian di bidang jasa, anda bisa menjual jasa anda melalui situs web seperti;

  • com
  • com
  • co.id
  • com
  1. Digitpreneur

Model bisnis ini yaitu dengan menjual informasi/knowledge dalam e-book, dvd, audio, software, website, atau akun dengan followers atau subscriber ribuan orang. Selain itu anda juga bisa menjadi seorang blogger atau youtuber. Di Indonesia banyak blooger maupun youtuber yang memiliki pendapatan jutaan rupiah. Contohnya Dian Pelangi seorang blogger sekaligus designer yang menjual busana muslim, Atta Halilintar dan Ria Ricis yang menjadi youtubers dengan subscriber lebih dari 1 juta orang.

  1. Affiliate marketing

Jenis ini yang paling diminati oleh banyak orang. Karena anda tidak membutuhkan banyak modal dalam menjalankan bisnis. Bahkan bisa jadi anda tanpa perlu modal dalam menjalankan bisnis. Affiliate marketing yaitu dengan cara anda mempromosikan produk orang lain atau anda menjadi reseller dari produk atau jasa yang ditawarkan orang lain.

Langkah-langkah memulai bisnis ecommerce

Untuk memulai bisnis online atau e-commerce anda dapat melakukan berbagai cara seperti berikut:

  1. Pertama, anda perlu mencari ide bisnis yang akan anda tawarkan ke konsumen. Carilah ide yang inovatif, kreatif, dan tidak meniru orang lain untuk menarik perhatian konsumen.
  2. Selanjutnya, anda perlu membuat akun bisnis atau situs website. Untuk akun, bisa menggunakan akun instagram atau facebook. Sedangkan website, anda perlu membuat blog dengan menggunakan blogger atau wordpress, sesuai selera. Dalam penggunaan situs/blog ini, anda juga perlu belajar dan paham bahasa pemrograman. Bisa dengan searching atau bila tidak ingin terlalu ribet, bisa dengan membeli situs dari orang lain.
  3. Terakhir, pasarkan produk anda di situs atau akun tersebut. Bersabarlah dalam memulai proses ini, karena berbisnis tidak semudah dengan membalikkan telapak tangan. Bahkan dalam membalikkan telapa tangan pun, tentu juga butuh proses untuk membuat tangan anda terbalik.

kegagalan bisnis anda di masa lalu, merupakan keberhasilan bisnis anda di masa depan” (Robert T. Kiyoshi)

Bisnis online atau e-commerce ini salah satu bisnis yang menjanjikan untuk kesuksesan untuk anda karena proses pemasarannya yang simple. Anda tidak memerlukan membayar sewa toko yang mahal, gaji karyawan, biaya sarana dan prasarana seperti listrik, meja, kursi, etalase toko, dan sebagainya., otomatis anda membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk memulai bisnis tersebut. bandingkan dengan bisnis online. Anda hanya perlu membayar hosting atau domain yang tentunya tidak melebih Rp200.000,00,- dan anda pun bisa memasarkan produk anda dimanapun anda berada.