Mengenal Tempat Wisata Bersejarah “Pulau Banda Neira” Kepingan Surga Indonesia Timur, Tertarik Mengunjungi?

Negara kita, Indonesia, merupakan salah satu Negara yang menjadi tujuan wisata unik bagi traveller maupun turis asing. Keindahan alam, keramahan penduduk, budaya, serta sejarah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia. Bahkan saking jatuh cintanya dengan Indonesia, ada beberapa dari mereka yang memilih menetap dan berganti kewarganegaraan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Wow!!!

Ada banyak rekomendasi wisata di Indonesia yang menjadi daya tarik wisatawan asing, misalnya; danau Toba, Raja Ampat, pulau Komodo, gunung Bromo, gunung Semeru, pantai Kuta, pantai Parangtritis, Taman Laut Bunaken, dan masih banyak lagi yang tak terhitung jumlahnya dan sering dikunjungi. Lalu bagaimana dengan Banda Neira? Apakah anda pernah mendengarnya? Mungkin Banda Neira masih terdengar asing. Karena pulau ini merupakan pulau terpencil dan tampak jelas di peta.

Banda Neira, wisata bahari yang menawan

Banda Neira merupakan salah satu pulau kecil berpenghuni di kepulauan Banda, Maluku Tengah, Indonesia. Pulau ini dulunya merupakan pusat perdagangan rempah-rempah di Indonesia sejak masa kolonialisme Belanda. Karena Maluku merupakan daerah penghasil rempah-rempah terbesar terutama Pala.

Di pulau ini pula, tercatat sejarah pengasingan pahlawan Indonesia akibat menentang VOC. Diantaranya yaitu, Drs. Moh. Hatta, Sutan Sjahrir, Dr. Cipto Mangunkusumo, dan Mr. Iwa Kusuma Sumantri. Selain rental mobil bali murah itu juga, Banda Neira terkenal dengan wisata bahari yang cantik dengan air laut sebening kristal dan terumbu karang yang menawan.

Berikut ini rincian berbagai objek wisata yang bisa anda kunjungi di pulau Banda Neira:

  1. Rumah Pengasingan Bung Hatta

Drs. Moh. Hatta atau lebih dikenal dengan panggilan Bung Hatta, seorang Bapak Proklamator Indonesia dan wakil presiden Indonesia pertama. Beliau pernah diasingkan oleh Belanda ke pulau Banda. Rumah pengasingannya, masih berdiri kokoh hingga sekarang. Di dalamnya terdapat catatan, surat-surat, foto, pakaian serta barang-barang lainnya yang masih dijaga kebersihannya.

  1. Gunung Api Banda

Salah satu objek menarik untuk traveller local maupun asing yang suka dengan tantangan. Gunung api setinggi 670 meter ini pernah meletus di tahun 1988. Bila anda suka mendaki, gunung api Banda menjadi rekomendasi menarik untuk menikmati alam yang tersaji.

  1. Benteng Belgica

Dikarenakan dulunya kepualauan Banda merupakan pusat komoditi perdagangan rempah-rempah di Indonesia pada zaman penjajahan, maka tidak heran bila pulau ini banyak sekali jejak sejarah yang sayang bila dilewatkan.

Benteng Belgica menjadi saksi sejarah kolonialisme di bumi Indonesia. Benteng ini sebenarnya benteng milik Portugis, namun sejak datangnya bangsa Belanda, benteng ini diambil alih dan menjadi pusat pertahanan VOC.

  1. Lava Flow

Objek wisata yang satu ini, termasuk bagian dari wisata bahari di Banda Neira. Untuk anda yang suka menyelam, anda perlu mencoba menyelam di Lava Flow ini. Tapi jangan lupa pakai life jacket dan jangan sampai menginjak terumbu karang.

  1. Gereja Tua Hollandische Kerk

Gereja tua Hollandische Kerk berdiri pada tahun 1600-an, sempat luluh lantak akibat gempa bumi dahsyat, dan dibangun kembali oleh masyarakat pada tahun 1852. Gereja tua ini menjadi kebanggaan masyarakat pulau Banda dan banyak diburu traveller atau turis asing dari berbagai Negara karena arsitektur gereja yang masih terjaga.

  1. Rumah Budaya

Lokasi ini terletak di depan Delfica Guest House, di Rumah Budaya ini, para traveller bisa menjumpai barang-barang, catatan sejarah di Banda Neira.

  1. Istana Mini

Bangunan yang mirip dengan istana presiden ini kini dijadikan istana keperesidenan di wilayah Indonesia Timur. Arsitektur bangunannya yang masih terjaga keasliaannya, menarik perhatian para traveller maupun turis asing untuk singgah sekadar mengetahui jejak sejarah di Indonesia.

  1. Nuansa Perkampungan Eropa

Keunikan lainnya yaitu nuansa perkampungan di pulau Banda Neira yang mirip dengan perumahan di Eropa. Bangunan rumah dengan atap tinggi, dinding batu pualam serta jalan perkampungan yang sangat mirip dengan jalan di Eropa, membuat anda ingin berlama-lama di sini.

 

Banda Neira merupakan kepingan surga Indonesia yang tidak boleh dilewatkan. Di Banda Neira, para traveller dan turis asing bisa berwisata sekaligus belajar sejarah. Bagaimana? tertarik mengunjungi? Segera siapkan perlengkapan anda dan nikmati kepingan surga asli Indonesia.